Fungsi dan Manfaat Daun Bidara Hingga Obat Segala Macam Sihir

Fungsi dan Manfaat Daun Bidara Hingga Obat Segala Macam Sihir


Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini dikenal pula dengan pelbagai nama daerah seperti widara.
Setiap negara memiliki sebutan berbeda - beda dalam menyebut tumbuhan bidara ini.

Bidara umumnya pohonya kecil atau perdu, pohonya bengkok tinggi bisa mencapai 15M. bidara memiliki pohon atau batang yang berduri, namun jangan salah ya pohon bidara ini sangat banyak sekali manfaatnya, mulai dari menyembuhkan banyak penyakit medis hingga penyembuh penyakit non medis seperti sihir dan santet.

Kegunaan Bidara

Buah Bidara umumnya diperjual belikan sebagai buah segar dapat dimakan langsung atau diolah menjadi minuman. di beberapa tempat buah bidara juga biasa diolah dengan cara dikeringkan atau di baut manisan, jika buah bidara masih muda biasa di makan dicampur dengan garam atau di rujak. buah bidara mengandung sumber Karoten, Vitamin A, dan C dan juga mengandung Lemak.

Daun biadara yang muda dapat dijadikan sayuran pada masakan, sedangkan daun yang sudah tua biasa digunakan untuk pakan ternak.
jika daun bidara direbus dapat digunakan untuk obat atau istilah jawanya Jamu. jika daun bidara di remas menggunakan air akan muncul busa seperti sabun, ini dapat dijadikan obat sakit demam dengan cara di gunakan untuk mandi. daun bidara juga dapat digunakan untuk memandikat mayit.

selain itu akar bidara juga dapat digunakan sebagai obat, bahkan kulit kayu, biji nya pun sangat mempunyai manfaat yang banyak. akarnya bisa digunakan untuk mengobati pencernaaan sebagai obat luka. di daerah jawa kulit pohon bidara digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, jika di malaysia kulit bidara digunkan untuk sakit perut. kulit kayu bidara sendiri pun diyakini memiliki khasiyat tonikum, sangat dianjurkan untuk penyakit lambung dan usus. untuk kulit akarnya dicampur dengan sedikit pucuk pulasari dan bawang putih untuk mengobati kencing nyeri dan berdarah.

Untuk kayu dari pohon bidara sangat bisa digunakan untuk bahan furniture atau untuk kayu bakar.

Tamnaman bidara ini pada umumnya tumbuh di area yang kering seprti daerah gurun. karena kualitas buah bidara akan semakin baik jika pohon ini tumbuh di area yang kering ayang kaya akan pancaran sinar matahari, namum meskipun begitu tetap pohon bidara ini membutuhkan air sebagai sumber makanan utamanya.

pohon bidara sendiri memiliki sebutan lain yaitu bidara china atau apel cina.

Dalam islam pohon bidara atau pohon sidr ini disebutkan dalam Al-Qur'an diantaranya dalam surat Saba ayat 16, surat Al-Waqiah ayat 28 dan dalam surat An-Najm ayat 13-16.

Selain disebutkan dalam Al-Qur'an juga terdapat anjuran konsumsinya di dalam Hadits. misalnya daun bidara di sunnahkan digunakan pada saat mandi junub atau mandi wajib bagi perempuan yang sehabis haid. ketika memandikan jenazah dan juga dapat menghilangkan najis pada tubih jenazah. Daun bidara juga dapat digunakan obat gangguan Sihir dan Santet ataupun Guna - Guna. biasanya digunakan pada Ruqyah Syar'iyah.

0 Response to "Fungsi dan Manfaat Daun Bidara Hingga Obat Segala Macam Sihir"

Post a Comment

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel