Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati Sendiri

Cara Mengatasi Komputer yang Tiba-Tiba Mati Sendiri


Pernah mengalami kasus komputer atau laptop kamu tiba - tiba mati sendiri tanpa kamu matikan? atau tanpa mati listrik tapi tiba - tiba mati sendiri? kalau pernah kemungkinan memang ada masalah pada komputer kamu.

Beberapa hari yang lalu komputer saya juga mengalami hal yang serupa, saya sempat panik dan binggung, segala daya dan upaya sudah di coba namun tak kunjung membuahkan hasil.

Namun setelah sekian lama mencoba dan menerka nerka akhirnya ketemu juga penyebabnya, sebenarnya penyebab pastinya ada banyak faktor yang nanti akan saya sebutkan dibawah ya.

Ternyata komputer atau laptop yang tiba - tiba mati sendiri dapat di sebabkan oleh beberapa faktor dan dipisahkan dari segi software dan hardwere. berikut penjelasanya.

1. Masalah Dari Segi Software

Jika masalah datang dari segi software kemungkinan besar di sebabkan oleh tidak kompatibelnya aplikasi atau software yang kamu install. cara memeriksanya adalah jika setelah kamu menginstall sebuah program dan setelah itu tiba - tiba komputer kamu mati sendiri lalau restart lagi, kemungkinan aplikasi yang baru kamu install tadi yang bermasalah. maka tindakan yang harus kamu lakukan adalah segera untuk menghapusnya lewat Control Panel supaya terhapus keseluruhan file.

2. Masalah Dari Segi Hardware

1. Periksa RAM Kamu

Jika komputer kamu sering atau tiba - tiba mati mendadak bisa kamu mulai cek ram kamu. bisa saja RAM kamu mati atau ada kotoran yang terselip pada socket RAM, caranya adalah coba kamu ganti RAM yang sudah ada dengan RAM yang baru. atau jika kamu ingin membersihkan silahkan copot RAM nya dulu lalu bersihkan bagian kuning pada mulut RAM dengan penghapus, namum pelan - pelan saja, karena jika kasar akan merusak bagian dari RAM itu sendiri.

2. Lihat Kondisi Hardisk

Jika tak ada masalah pada RAM silahkan kamu cek hardisk kamu. kemungkinan ada masalah pada hardisk kamu, bisa saja hardisk kamu kena bad sector atau hardisk kamu mati. karena system operasi tersimpan di hardisk bisa saja begitu hardisk mati komputer kamu akan mati. namun kasus matinya hardisk ini sangat langka dan jarang sekali terjadi.

Sekedar saran silahkan kamu lakukan scaning file - file sampah setiap hari dan lakukan defragment pada hardisk minimal satu bulan sekali, biasanya lebih bagus 2 minggu sekali untuk  membuat hardisk berumur panjang.

3. Periksa Thermal Paste Processor

Jangan sepelekan termal paste pada processor kalau tidak ingin komputer kamu mati secara mendadak, seperti yang saya alami. ternyata masalahnya ada pada thermal paste processor saya yang sudah mulai kering. apa sih guna thermal paste? thermal paste adalah sebuah pasta yang membalut permukaan suatu processor agar tidak mudah panas. jika memang komputer kamu kehabisan atau thermal paste pada komputer kamu sudah mulai kering kamu bisa menggantinya. silahkan kamu beli mugkin harganya tidak sampai 20 ribu.

Atau jika kamu malas untuk membelinya kamu bisa menggunakan pasta gigi hehe. apakah bisa? tentu bisa dan saya sudah mencobanya, namum saya tidak merekomendasikan ya karena memang bukan di peruntukkan untuk pelapis processor.

4. Cek Power Supply

Jika beberapa masalah distas tak kunjung bisa mengatasi kamu bisa cek power supply komputer kamu. jika memang power supply komputer kamu yang mati maka memang komputer tidak dapat dinyalakan lagi. dan solusinya adalah menggantinya dengan yang baru, untuk harga power suppy sendiri ada di kisaran 100 - 200 ribu. tergantu watt dan merk yang akan dibeli.


Nah itu lah beberapa penyebab kanapa komputer kamu tiba - tiba mati sendiri, sebenarnya masih ada banyak faktor penyebab sih namum yang sering menjadi penyebab secara umum adalah yang saya jelaskan diatas.

Jika semua usaha sudah kamu coba namum tak membuahkan hasil silahkan bawa komputer kamu ke tukang service langganan kamu, kemungkinan komputer kamu memang membutuhkan penanganan lebih mendalam. sampai disini dulu ya penjelasan tentang cara mengatasi komputer yang tiba - tiba mati sendiri. jika ada kesulitan silahkan kamu tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. selamat mencoba dan semoga berhasil :) 

Comments

Popular

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

Ingin Cepat Kerja? Datang Saja Ke PT KPSG

Teknik Optimasi SEO Submit URL

Aplikasi Juz'Amma berbasis Website

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Youtube Terbaru