Cara Menghemat Daya Baterai Android di Saat Kritis

Cara Menghemat Daya Baterai Android di Saat Kritis

Baterai android kamu low bat? tentu sangat cemas bukan? apalagi sedang berada di luar kota dan masih dalam perjalanan yang jauh pastinya itu sangat membinggungkan.

Memang baterai android memiliki kapasitas maximal penyimpanan daya, kehabisan daya baterai android bisa disebabkan oleh salah satu faktor tersebut namun ada juga karena pemakain kamu sendiri. seperti bermain game terlalu lama dan bisa juga kamu mengaktifkan fitur yang menguras banyak daya baterai seperti wifi dan gps.

Nah dari pengalaman itu saya mencoba untuk memberikan tips atau cara agar bisa lebih menghemat daya pada baterai smartphone android kamu, langsung saja yuk kita simak tutorialnya dibawah ini

Cara Menghemat Daya Baterai Android di Saat Kritis

1. Matikan Fitur Yang Tidak Penting

Disini maksud dari fitur yang tidak penting adalah fitur-fitur network seperti Wifi dan GPS atau Paket Data. matikan lah fitur-fitur tersebut jika tidak terpakai karena itu dapat menguras banyak daya baterai ponsel pintar kamu.

2. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis memang sama dengan fitur diatas, sinkronisasi otomatis akan selalu jalan di latar belakang proses ponsel pintar kamu dan ini akan berjalan sewaktu-waktu, tujuannya apa? sinkronisasi otomatis bertujuan untuk menyinkronkan data pada smartphone kamu, seperti email dll.

3. Aktifkan Mode Air Plane (Pesawat Penerbangan)

Pilihan ini juga sangat berpengaruh besat dalam penghematan daya smartphone android kamu, jika kamu memang dalam kondisi terdesak silahkan aktifkan mode ini. jika tidak terlalu terdesak jangan mengaktifkan mode ini karena jika kamu mengaktifkan mode ini maka semua kegiatan panggilan, sms atau pun data seluler akan full di non aktifkan.

4. Gunakan Fitur "Hemat Daya"

Nah ini adalah fitur umum, fitur ini pasti ada dan tersedia disemua perangkat android kamu karena ini merupakan fitur bawaan. biasanya fitur ini ada di pengaturan baterai atau setelan baterai. jika kamu mengaktifkan fitur ini kemungkinan besar baterai kamu akan sedikit hemat karena proses ini memangkas atau mencegah proses yang tidak penting yang berjalan di latar belakang.

5. Matikan Daya Android / Matikan Ponsel Kamu

Ini adalah opsi terakhir hehe, jika memang kamu akan melakukan perjalanan jauh dan hampir 100% kamu berada dijalan dan tidak menggunakan Smartphone, maka kamu bisa menggunakan cara ini. selain sangat efisien cara ini juga menjaga kondisi dan suhu smartphone android kamu.


Itulah Cara Menghemat Daya Baterai Android di Saat Kritis menurut saya pribadi, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini ya.. selamat mencoba dan semoga berhasil :)

2 Responses to "Cara Menghemat Daya Baterai Android di Saat Kritis"

  1. saya sering mengalami hp terasa panas dan lemot ., penyebabnya adalah karena ada aplikasi bawaan hp yang berjalan di background, padahal sudah di paksa berhenti di pengaturan dan mencegah nya terbuka kembali., namun kadang masih berjalan otomatis juga,. kira kira ada gak aplikasi yang mampu menutup aplikasi yang tidak penting dibelakang layar.,

    misal :
    saya membuka aplikasi WA dan FB, ketika saya fokus di aplikasi FB maka aplikasi WA otomatis akan dipaksa berhenti sendiri apabila tidak digunakan dalam sekian menit.,

    Intinya sih saya lagi butuh aplikasi yang bisa memaksa berhenti aplikasi yg jalan di background. nah, adakah aplikasi yang seperti itu.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada mas, kalau di xiaomi ada fitur aplikasi keamanan. disitu kita bisa setting aplikasi mana saja yang di izinkan berjalan di latar belakang dan kita juga bisa membatasi berapa lama aplikasi yang jika tidak dibuka maka akan diberhentikan (notifikasi akan off) kecuali kita membukanya kembali mas :) untuk selain xiaomi ada di pengaturan pengembang mas biasanya ada menu untuk membatasi proses di latar belakang.

      Delete

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel