8 Fakta Menarik Dibalik Asian Games 2018

Asian Games 2018


Hari ini 18 Agustus 2018 menjadi momen bersejarah guna Indonesia. Setelah 56 tahun berlalu, kesudahannya Indonesia terpilih berubah menjadi tuan lokasi tinggal penyelenggaraan pekan olah raga terbesar se-Asia! Untuk meramaikan perhelatan akbar ini, pemerintah bareng dengan masyarakat melakukan sekian banyak  persiapan yang maksimal. Di balik kemeriahan persiapannya, ternyata ada sekian banyak  fakta unik Asian Games 2018. Apa sajakah itu? Berikut fakta-faktanya:

1. Api Obor Asian Games Dinyalakan Langsung dari India

Asian Games 2018


Tradisi ini bermula sejak Asian Games 2014 kemudian di Incheon, Korea Selatan. India dipilih sebagai lokasi penyalaan obor sebab di negara berikut Asian Games kesatu kali digelar, tepatnya di New Delhi. Dari India, obor bakal diestafetkan ke 50 kota dengan total jarak tempuh 18.000 km, sampai akhirnya berhenti di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

2. Ribuan Masyarakat Menyambut Obor Asian Games di Tiap Daerah

Asian Games 2018


Masyarakat sangat hendak sekali menyambut Asian Games. Ribuan penduduk berkumpul meramaikan iring-iringan obor yang melalui 18 provinsi di Indonesia. Di Sumatera Utara, puluhan ribu masyarakat ikut mengisi Parapat. Bahkan penyambutan obor turut disemarakkan dengan persembahan tari Haroan Bolon, dari Simalungun.

Di Bali, obor Asian Games melewati sejumlah wilayah, sampai akhirnya singgah di Pantai Kuta, bertepatan dengan diselenggarakannya acara Festival Pantai Kuta. Masyarakat turut meramaikan penyambutan obor dengan sekian banyak  pertunjukan kebiasaan yang paling memukau.

3. 45 Negara Berpartisipasi dalam Asian Games 2018

Asian Games 2018


Asian Games Federation (AGF) sudah mengumumkan susunan peserta Asian Games 2018. Total terdapat 45 negara yang turut berpartisipasi dalam pesta olah raga ini. Jumlahnya bertambah dibanding Asian Games musim sebelumnya yang berjumlah 37 negara. Negara-negara peserta Asian Games 2018 ini antara lain: Afganistan, Arab Saudi, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Cambodia, China, Filipina, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Iraq, Jepang, Jordan, Kazakhstan, Korea Selatan, Korea Utara, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Syria, Taipei, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yemen.

4. Maskot Asian Games Terpilih Melalui Sayembara

Asian Games 2018


Tahun 2015, maskot Asian Games diluncurkan guna kesatu kalinya. Karakter mempunyai nama Drawa tersebut terinspirasi dari burung Cendrawasih. Tapi sayang, maskot itu menuai tidak sedikit kritikan dan dinilai tidak cukup istimewa guna acara sebesar Asian Games. Akhirnya pihak penyelenggara menyelenggarakan sayembara untuk menggali maskot terbaik. Hasil dari sayembara tersebut, terpilihlah Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, maskot Asian Games yang merepresentasikan Bhineka Tunggal Ika, semboyan negara kita.

5. Korea Selatan dan Korea Utara bakal bergabung di Asian Games 2018

Asian Games 2018


Keakraban semua atlet Korea Selatan dan Korea Utara terlihat ketika mereka berlatih bareng menjelang Asian Games 2018 nanti. Dihimpun dari Tempo.co, kedua negara ini dijamin akan mengekor 3 cabang olahraga dan 6 pekerjaan sebagai satu tim. Cabang olahraga itu antara lain: basket, perahu naga, dan dayung.

6. Pemerintah Mengalokasikan Dana Hingga 5 Triliun

Asian Games 2018


Erick Tohir, Ketua Pelaksana Asian Games 2018 menuliskan bahwa panitia memperhitungkan dana sebesar Rp5,6 triliun guna pekan olahraga terbesar se-Asia ini. Dana didapatkan dari pemerintah sebesar Rp4,5 triliun serta dari sponsor swasta dan BUMN sesesar Rp1.1 triliun. Mengeluarkan dana sebesar tersebut akan dominan  positif untuk Indonesia, sebab akan menambah kualitas pada sekian banyak  aspek, laksana aspek ekonomi dan pariwisata.

7. Kabar Baik untuk semua gamers. 6 permainan ini sah masuk cabang olah raga e-sport

Asian Games 2018


Ada yang baru dalam Asian Games musim ini. Panitia sah mempertandingkan e-sport (electronic sports) walau masih dalam etape pertandingan percobaan. Ke-6 games yang bakal dipertandingkan merupakan: Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft2. Jadi untuk semua gamers, mari siap-siap dukung atlet e-sport jagoanmu!

8. 18.818 porsi pempek akan diberikan secara GRATIS di Palembang

Asian Games 2018


Untuk meramaikan Asian Games mendatang, pemerintah Palembang bakal menyajikan 18.818 porsi pempek secara gratis. Acara ini ditargetkan bakal memecahkan rekor Muri. Selain santap bersama, pemerintah pun menyiapkan ragam hiburan guna rakyat berupa: parade perahu motor hias, layang-layang, dan pesta rakyat permainan-permainan tradisional.

Sekedar tambahan Asian games adalah perhelatan akbar Olahraga Antar negara benua asia yang diadakan setiap 4 tahun sekali, yah hampir sama dengan piala dunia lah cuman piala dunia kan diadakan 5 tahun sekali hehe. karena event ini diadakan 4 tahun sekali tidak heran bahwa pemerintah indonesia serius betul untuk mempersiapkan segala persiapan kebutuhan menjelang Asian Games 2018 ini.

Itulah tadi 8 kenyataan menarik Asian Games 2018. Ternyata, pemerintah dan semua masyarakat sangat hendak sekali memeriahkan pekan olahraga ini, ya! Jangan inginkan ketinggalan. Yuk, ikut dukung meriahkan Asian Games! Kalau inginkan berangkat ke Jakarta atau Palembang, mudah banget. Langsung download saja Airy App yang terdapat di Android dan iOS, kemudian follow ikuti Facebook, Twitter, Instagram @airyindonesia dan LINE Official Account @airyrooms. Ada sekian banyak  promo unik setiap hari!

2 Responses to "8 Fakta Menarik Dibalik Asian Games 2018"

  1. Yang paling menyengangkan adalah fakta Korsel dan Korut bergabung, semoga saja jadi pertanda baik bagi keduanya. Sayangnya pempek cuma di Palembang aja ya, coba ada juga di Jakarta, langsung hunting deh. Salam kenal dari blogmashendra

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin stok pempeknya hanya ada di palembang aja mas hehe jakarta mungkin kerak telor :D

      salam kenal juga mas :)

      Delete

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel