Tips Mencari Topik Penelitian

Kata penelitian pasti terasa familiar bagi mahasiswa, apalagi mahasiswa semester tua. Mereka pastilah dihadapi dengan kebingungan mencari topik yang akan dibahas dalam penilitian mereka.

Tips Mencari Topik Penelitian
Dalam memilih topik yang akan dibahas pastilah tidak boleh sembarangan, dosen mewanti mahasiswa agar mencari topik yang dapat berguna untuk masa depan dan pastinya memberikan terobosan terbaru (antimainstrim). Berikut merupakan tips untuk mencari topik penelitian yang sukses :

 1. Kenali Hobimu
    Dalam mencari topik penelitian yang harus dilakukan pertama kali adalah kenali dulu keahlian atau spesialisasi dari dirimu, hal ini dapat ditemukan dari hobimu. Jika kamu seorang yang hobi mendaki gunung dan ingin membuat sebuah penelitian tentang ekonomi, kenali lah gunung yang kamu daki secara spesifik, kamu dapat menemukan sesuatu yang pastinya menjual jika kamu dapat memanfaatkan alam sekitar, seperti kamu dapat menganalisa lebih menjual mana gunung dijadikan pabrik semen atau dijadikan cagar alam untuk kedepannya.

2. Amati sekitarmu
    Objek penelitian dapat berasala dari mana pun, kamu dapat menemukan hal tersebut dengan mengamati peristiwa dilingkungan mu. Kebanyakan mahasiswa menjadikan topik penelitian hal yang besar tetapi jika diterapkan nol besar yang mereka peroleh. Carilah topik penelitian yang dapat membantu banyak orang. Ciptakan karya yang sederhana tetapi dapat membantu masyarakat. Seperti jika kamu amati di Indonesia dalam memproduksi gula jawa masihlah tradisional, dimulai dari pengambilan nira di pohon yang sangat beresiko karena para pekerja yang tanpa alat pengaman memanjat pohon aren, coba kamu renungi jika kamu membuat alat yang dapat mengambil nira secara otomatis berapa rupiah yang dapat kamu dapat kan untuk 1 hektar perkebunan aren.

3. Kenali isu terkini

Topik penelitian akan mucul diotakmu jika kamu dapat meneliti isu berita terkini, kamu dapat menganalisa apa yang kurang dari peristiwa tersebut sehingga peristiwa tersebut dapat terjadi, ciptakan hal yang dapat mengatasi kekurangan tersebut atau kamu dapat menciptakan solusi untuk mengahdapi peristiwa tersebut.

4. Cari Refrensi
    Datanglah ke perpustakaan lalu baca jurnal terkait penelitian yang akan kamu bahas. Catatlah judul jurnal atau buku yang kamu baca, usakan sebanyaknya, bandingkan judul dan jadikanlah sebuah judul yang baru, berbeda dan menjual untuk dapat kamu buat sebuah penellitian.

5. Kamu buntu akan ide
    Ketika kamu sudah mengalami kebuntuan yang tak berujung untuk menemukan topik penelitianmu. Carilah tempat yang tenang, bukalah internet, lalu kamu dapat mengakses sumber data yang biasa kamu kunjungi. Jika kamu anak ekonomi buka lah BPS (badan pusat statistic) daerah mu atau daerah yang kamu kenali. Bacalah data-data disana, analisis data tersebut hubungkan dengan hobimu, lingkunganmu dan isu berita yang kamu baru-baru ini tonton. Kamu akan menemukan sesuatu yang baru.

Comments

Popular

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

Ingin Cepat Kerja? Datang Saja Ke PT KPSG

Teknik Optimasi SEO Submit URL

Aplikasi Juz'Amma berbasis Website

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Youtube Terbaru