Teknik Presentasi Yang Benar

Teknik Presentasi Yang Benar - Presentasi adalah hal yang umum ditelinga  pebisnis atau suatu organisasi, hal ini dikarenakan untuk mencapai suatu tujuan diperlukannya presentasi sebagai media kominikasi suatu forum. Presentasi Bisnis adalah presentasi lisan yang dilakukan oleh orang-orang yang tertarik dengan penjualan gagasan, proses-proses program, produk dllyang ditujukan kepada berbagai kelompok yang memiliki kekuatan merekomendasikan atau dalam hal pengambilan keputusan.

Teknik Presentasi Yang Benar


Berikut merupkan kiat agar presentasi dapat berhasil dengan sukses :

1. Mempersiapkaan Presestasi dengan matang

Kebanyakan orang menyiapkan presentasi dengan seadanya tanpa melihat kualitas dari presentasi hal ini penting karena dengan presentasi dapat menunjukan siapa anda.

Masalah yang bisa terjadi karena kurang kesiapan :

-        Cerita yang tidak menarik audiens

-        Teknik pembuatan presentasi yang buruk

-        Teknik penyampaian materi yang membosankan

Banyak sekali seorang presentator yang hanya mengcopy pasete dari word ke power point tanpa melihat estetika atau kejelasan dari power point yang ditampilkan. Ada juga seorang presentator yang hanya membacakan satu persatu yang ada didepan tanpa focus pada audiens sehingga audiens merasa tidak dianggap dan merasa bosan.



2. Merancang Presentasi yang efektif dan efisien


Tahap merancang sebuah presentasi :

-      Tahap Menyiapkan

Tahap pertama dalam presentasi adalah merancang cerita. Untuk merancang cerita kita harus dapat memunculkan ide yang mana nantinya ide tersebut dapat menjadi gagasan sketsa yang akan kita sampaikan kepada audience, selain menyiapkan gagasan atau sketsa yang akan disampaikan kitajuga perlu menyiapkan informasi pendukung seperti jumlah audience, kebutuhan dan tata panggung serta suara.

-       Membuat Slide

Slide adalah poin-poin yang ingin disampaikan, jadi dalam sebuah slide hanya poin yang penting yang akan disampaikan kepada audience bukan sebuah penjelasan panjang yang membosankan. Gunakan kalimat yang singkat dan menarik juga yang mudah dicerna oleh audience, jika perlu gunakan gambar yang menarik karena otak manusia menolak hal yang membosankan, pilih lah background yang tidak berlebihan agar tulisan dapat terbaca.

-       Berlatih

Berlatih vocal dan gaya untuk antisipasi jika ada kerusakan sound system, latihlah mental agar tidak merasa gugup dan kikuk yang pada akhirnya membuat blang otak. Agar lebih percaya diri perhatikan penampilan anda agar lebih menarik tapi sopan.

-       Mengakhiri Presentasi

Presentasi hendaknya dikahiri dengan baik. Saying sekali jika sudah menampilkan dengan baik tapi tidak dapat mengakhirinya dengan memukau. Bagian ini adalah kesempatan terakhir anda untuk membuat presentasi and adapat teringat oleh audience. Berikan kesimpulan yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan oleh audience.


3. Saat Menyajikan Presentasi

Perhatikan postur tubuh yang baik dan benar, jangan sampai anda memalukan diri anda sendiri bahwa postur atau gestur anda tika tepat. Gunakan body language yang benar dan tetap sopan agar pesan yang anda sampaikan dapt diterima oleh audience. Hal ini sangat penting karena menurut penelitian efektivitas komunikasi itu dipengaruhi oleh 7 % dari kata-kata, 38 % dari kata-kataa tersebut diucapakan dan 55% dari ekspresi atau bahasa tubuh. Ekspresi wajah meenunujukan perasaan, postur tubah mencerminkan kecenderungan sikap dan keadaan emosi gerakan anggota tubuh memperlihatakan tekanan atas apa yang disampaikan presentator.


4. Visual AID


Para ahli mengatakan bahwa sebuah gambar dapat memberikan informasi atau pesan yang sangat penting. Bantuan visual grafik, peta, atau diagram sanagt berguna untuk melengkapi presentasi anda, akan tetapi gambar yang berlebihan dapat menimbulkan efek tidak baik bagi presntasi anda, berikan sentuhan gambar yang cukup agar dapat memberikan efek ketidak bosanan bagi audience. Berikut merupakan jenis visual aid :

-        Handouts

-        Whiteboards

-        Overhead Projector

-        Electronic Presentations

    Guy Kawasaki Gunakan kaidah 10-20-30 dalam Presentasi : 10 Slide adalah jumlah optimal untuk satu presentasi, 20 menit adalah waktu untuk berbicara, 30 poin adalah ukuran huruf terkecil yang digunakan.

Comments

Popular

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

Ingin Cepat Kerja? Datang Saja Ke PT KPSG

Teknik Optimasi SEO Submit URL

Aplikasi Juz'Amma berbasis Website

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Youtube Terbaru