Demi Meraup Keuntungan, buat artikel Clickbait. ini resikonya!


Demi Meraup Keuntungan, buat artikel Clickbait. ini resikonya! - Akhir-akhir ini sering kita dengar berita atau artikel di internet yang informasinya sangat dibuat penasaran orang untuk membacanya. Jujur saya sangat kesal dan tidak habis fikir. apa yang ada difikiran mereka yang membuat artikel clickbait yang justru malah membuat orang menjadi kesal.

Demi Meraup Keuntungan, buat artikel Clickbait. ini resikonya!


Mungkin di antara anda masih belum mengerti apa itu Clickbait, Clickbait adalah sebuah istilah untuk menggambarkan konten web yang hanya bertujuan mendapatkan viewer atau pembaca, tanpa memperdulikan kualitas dan akurasi konten yang disajikan, dengan bergantung pada judul yang sensasional dan memprofokasi atau cuplikan gambar yang mendorong orang untuk membaca atau melihatnya.

Contohnya ketika anda membaca sebuah judul dari artikel yang sangat wah, luar biasa kemudian tanpa anda berfikir panjang anda langsung meng klik artikel tersebut. Setelah anda membuka artikel, yang anda baca ternyata hanyalah berita biasa yang sama sekali tak ada heboh dan wahnya. namun yang ada anda hanya menemukan banyak iklan tidak jelas dari aplikasi-aplikasi berita misalnya U* Browser dsb. ini tidak hanya muncul di blog atau web saja, youtube pun juga sama.

Bagaimana Penerapan Artikel Clickbait ?

Clickbait sendiri adalah termasuk dalam teknik SEO jahat yang biasa diterapkan oleh pencari uang dari publisher iklan atau penulis konten portal berita, tujuanya tidak lain tidak bukan adalah untuk menggaet pengunjung website untuk membaca artikel tersebut.

Kenapa saya katakan clickbait adalah SEO jahat karena walaupun kenyataanya bisa meningkatkan pengunjung tapi bukanlah hal yang disarankan, dan malah melanggar term of service dari pencarian sekaligus ads sendiri. dan mungkin kalian harus tau juga, clickbait kini sudah tidak bisa lagi untuk seo google, jadi hanya bisa digunakan untuk bersaing viewer konten dalam satu portal lokal berita saja. 

2 Teknik Cara Penerapan Click Bait !

1. Menggunakan judul. jadi judul dari artikel akan dibuat seheboh mungkin, biasanya dengan pengertian kalimat yang ambigu dan tidak jelas.

2. Menggunakan cuplikan media. menggunakan cuplikan media yang provokatif, sehingga membuat orang akan tertarik, yang sering tidak sesuai dengan konten bahkan kadang tidak berhubungan sama sekali.

Resiko Dari Clickbait !

Sekarang apa sih bahaya dari clikbait sendiri? walaupun terlihat remeh, namun clickbait sendiri bisa menjadi  ancaman serius dan berbahaya, bukan sekedar untuk pembaca saja, melainkan untuk pembuat clickbait sendiri.

Bahaya Clickbait untuk Penulis :
Merusak Citra dan Kredibilitas media tersebut.
Tidak akan mendapatkan repon baik untuk pembaca.
Hanya akan menjadi artikel sampah
Artikel tidak akan bertahan lama. apa lagi di SERP mesin pencari
Mengikis kualitas menulis sendiri.
dll.

Bahaya Clickbait untuk Pembaca :
Tidak akan menemukan informasi yang dicari.
Menyia-nyiakan waktu membaca konten yang bukan dicari.
Salah satu bentuk dari arti "telah tertipu"
Kalau tidak selektif bisa termakan Hoax dan informasi palsu.
Kesal dan Emosi.
dll.

Dapat saya tarik kesimpulan, bahwa Clickbait itu adalah cara yang sangat buruk untuk dilakukan. selain merugikan pembaca, merugikan juga buat si penulis blog itu sendiri. Buatlah artikel dengan akurasi yang tepat dan jelas, tidak hanya heboh pada judul artikel, namun konten didalamnya pun sesuai dengan judul yang disajikan.

Saya rasa artikel Demi Meraup Keuntungan, buat artikel Clickbait. ini resikonya!   sudah cukup lengkap dan jelas. Semoga bermanfaat. Pertanyaan, kritik maupun saran silahkan tulis di kolom komentar, apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ya? Tq




0 Response to "Demi Meraup Keuntungan, buat artikel Clickbait. ini resikonya!"

Post a Comment

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel