Beberapa Tips Mencegah Website Dari Serangan Hack / Peretasan Situs

Beberapa Tips Mencegah Website Dari Serangan  Hack / Peretasan Situs - Segala hal yang tidak mungkin, pasti akan mungkin terjadi dan ini terjadi di Internet. Salah satunya adalah terjadinya serangan hack atau peretasan sebuah situs yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Apalagi menyangkut soal Bisnis, Usaha bahkan nama baik Perusahaan. 

Beberapa Tips Mencegah Website Dari Serangan  Hack / Peretasan Situs

Pihak Penyedia hosting  mungkin sudah melakukan pengamanan data sebaik mungkin, namun tetap saja jika website tidak pernah di update core websitenya, maka akan lebih mudah terkena hack. Beda halnya dengan CMS Wordpress, yang agak sedikit berlega hati. mengapa? karena wordpress selalu di update berkala dan anda bisa langsung meng-updatenya secara otomatis melalui dashbord cpanel wordpress admin. 

Walaupun sudah merasa aman, namun tetap sebagai langkah preventif sebaiknya perlu ada kerja sama dari kedua belah pihak baik pengguna hosting dan penyedia hosting supaya website menjadi lebih aman dari serangan hack. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan kepada anda apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan guna mencegah website anda terkena serangan hack atau peretasan situs. yuk disimak!

Beberapa Tips Mencegah Website Dari Serangan  Hack / Peretasan Situs

  1. Pertama dan yang terpenting adalah senantiasa berdoa supaya website dan server / hosting tempat kita menaruh website selalu aman dan dijaga oleh Allah SWT supaya terhindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat.
  2. Manfaatkanlah fasilitas hosting yang kita pakai untuk hal-hal yang bermanfaat dan berkah.
  3. Ganti password cPanel anda secara berkala. Gunakan password yang sulit ditebak. Kombinasikan huruf, angka dan karakter khusus (misal: %^*#$@) agar password sulit ditebak.
  4. Ubah password user / adminsitrator website anda. Jangan gunakan user dengan nama “admin”, karena itu mudah sekali ditebak. Gunakan nama lain.
  5. Ubah username, nama database dan password database yang anda gunakan. Kemudian update file wp-config.php.
  6. Silahkan cek database website Anda. Lihat tabel yang berisi user dan pastikan Anda kenal semua user tersebut beserta emailnya. Jika tidak, segera hapus. Untuk WordPress, list user bisa dilihat pada tabel wp_user.
  7. Senantiasa update WordPress ke versi terbaru. Selain core WordPress-nya, update juga theme dan plugin yang digunakan.
  8. Ini dia yang nggak kalah penting. Backup manual secara berkala ke PC Lokal. Hal ini berguna, jika si hacker menghapus data website Anda, Anda masih memiliki backup file cpanel yang telah tersimpan di komputer Anda.
  9. Backup juga file database. Anda bisa install plugin auto backup database.
  10. Pastikan juga bahwa di komputer Anda tidak terdapat keylogger, trojan atau malware. Jika komputer Anda terinfeksi, maka ketika anda update content website bisa jadi website Anda juga akan terinjeksi virus yang berasal dari komputer Anda. Gunakan software antivirus yang qualified untuk menjaga agar komputer Anda tidak terinfeksi virus, trojan ataupun malware.
Dari ke-10 tips diatas kiranya dapat membantu anda untuk mengantisipasi akan hal yang tidak diinginkan. 
Demikian artikel mengenai Beberapa Tips Mencegah Website Dari Serangan  Hack / Peretasan Situs semoga bermanfaat ya!


Comments

Popular

Adakah Manfaat Mengirimkan Doa Al Fatihah Kepada Orang Yang Sudah Meninggal?

Ingin Cepat Kerja? Datang Saja Ke PT KPSG

Teknik Optimasi SEO Submit URL

Aplikasi Juz'Amma berbasis Website

Cara Pasang Iklan Google Adsense di Youtube Terbaru