Menghindari Smart Pricing Google Adsense dan Cara mengatasinya

Menghindari Smart Pricing Google Adsense dan Cara mengatasinya -  Apakah anda sebelumnya sudah mengenal atau mendengar apa itu Smart Pricing Pada Google Adsense? Smart Pricing ialah teknik otomatis yang digunakan oleh program google adsense untuk melindungi advertiser atau pemasang iklan dari resiko kerugian , dengan cara memperkecil nilai CPC atau biaya perklik untuk iklan milik advertiser. 

Menghindari Smart Pricing Google Adsense dan Cara mengatasinya

Kita ketahui bahwa Google adsense sudah sangat berpengalaman dalam media periklanan terutama periklanan dalam metode paid per click atau biasa kita sebut (PPC). dengan langkah profesionalitas yang tinggi google adsense berupaya untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat pemasang iklan merugi dan tanpa menuai target yang di harapkan . metode smart pricing dugunakan untuk melindungi para advertiser ketika mereka menemukan banyak para advertiser yang mengalami kerugian, oleh karena itu dalam upaya untuk melindungi para advertiser dari kerugian, adsense memperkenalkan metode ampuh yaitu smart pricing,

Mungkin di antara anda sebagai publisher adsense yang pernah mengalami dengan nilai CPC untuk tiap klik iklan sangat kecil bahkan hampir mendekati $0,00. apabila anda sering mendapatkan rata-rata nilai CPC sangat kecil untuk tiap klik iklan yang anda dapatkan dalam jangka waktu yang lama bisa jadi akun google adsense anda terkena smart pricing disalah satu blog yang anda pasangi iklan google adsense.

Beberapa Faktor Penyebab Smart Pricing Google Adsense

Smart pricing bisa dialami situs atau blog dikarenakan konten situs tersebut dianggap tidak berkualitas, iklan yang muncul tidak relevan dengan konten artikel blog dimana iklan itu muncul, banyak para pengunjung yang melakukan klik iklan dan dibawa ke situs advertiser namun mereka dengan cepat menekan tombol back atau bahkan langsung menutup halaman kurang dari 10 detik , atau mungkin juga bisa disebabkan adanya pengeklik iklan adsense tidak melakukan aksi apapun seperti tidak membeli produk yang ditawarkan, tidak menjadi member, tidak melakukan download dll. Perlu kita akui bahwa Google semakin berpengalaman dalam bisnis PPC (paid per click), sehingga mereka mampu memonitor aktivitas para pengeklik iklan dengan profesional.

Untuk Mengatasi Smart Pricing Google Adsense Sebagai Berikut

 Anda tak perlu khawatir jika akun google adsense anda terkena smart pricing, hal ini bisa diatasi dengan cara sebagai berikut!

 a. Buatlah Konten Berkualitas.

Apa itu konten yang berkualitas?, konten yang berkualitas adalah isi artikel yang memang bermanfaat, bagi para pengunjung dan sangat informatif, jangan sekali-kali menargetkan artikel hanya untuk mesin pencari, memang banyak ditemukan artikel yang hanya di khususkan utnuk mesin pencari, dan ketika dibaca sama sekali tidak mengandung informasi yang jelas, konten seperti itu sangat dibenci oleh pengunjung dan juga google, dan bisa menyebabkan google adsense anda terkena smart pricing. ingat konten adalah raja, maka perbaikilah dan fokuslah untuk konten anda.

b. Hindari Pemasangan Iklan di Blog Kurang Berkualitas

Jika anda kebetulan memiliki banyak situs dan adsense yang anda miliki dipasangi google adsense untuk setiap situs yang anda miliki sebaiknya anda pantau terus, bisa jadi ada dari salah satu situs anda dianggap kurang berkualitas dan menyebabkan smart pricing pada akun google adsene anda. ingat jika satu blog menyebabkan smart pricing maka akan berefek pada akun google adsense anda. itu dikarenakan smart pricing bukan untuk situs namun untuk akun adsense anda.

Mungkin ini juga yang harus dijadikan pertimbangan ketika anda berkeinginan ingin mendapatkan penghasilan berlimpah dari adsense, kemudian anda bekerjasama dengan pemilik blog lain untuk memasang iklan adsense anda, berhati-hatilah barangkali blog yang menjadi partner anda blog yang sudah terkena smart pricing, atau blog yang bisa menyebabkan adsense anda terkena smart-pricing, dan tentu saja sekali terkena smart pricing maka akan berimbas untuk akun adsense anda.

c. Perhatikan Peletakan Iklan Adsense

Google menganjurkan untuk meletakan iklan adsense anda di tempat tempat yang memang bisa menghindari nilai klik tidak sengaja, jika banyak terjadi klik tidak valid, karena tidak sengaja klik, bisa jadi memang pengunjung sendiri tidak menghendaki dan jika dibawa ke situs yang advertiser, tidak jarang pengunjung akan langsung menutup tampilan halaman advertiser secara langsung, dan ini jika terlalu sering terjadi akan membawa dampak buruk untuk akun adsense anda. oleh karena itu jangan sekali-kali anda memasang iklan dengan sengaja agar iklan bisa mudah terklik tanpa sengaja. berhati-hatilah karena google adsense semakin profesional dan dapat memonitor setiap klik yang terjadi.

Bahkan saya lebih menyarankan menempatkan iklan google adsense pada lokasi strategis yang dapat terhindar dari klik tidak sengaja dan iklan dapat dibedakan dengan konten, sebaiknya pengunjung dapat membedakan bahwa itu adalah iklan, sehingga pengunjung yang klik iklan adalah pengunjung yang memang berminat terhadap iklan tersebut.

d. Tingkatkan Pengunjung Organik

Pengunjung untuk adsense yang paling baik adalah pengunjung organik, yaitu pengunjung yang datang dari mesin pencari google, pengunjung organik disinyalir dapat meningkatkan nilai CPC untuk iklan yang bersangkutan, upaya untuk meningkatkan pengunjung organik salah satunya adalah dengan teknik optimasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan seo, baik itu seo onpage, maupun seo offpage. silahkan optimalkan seo blog anda.

e. Cabut / Copot Iklan Untuk Beberapa Waktu

 Jika anda terkena smart pricing maka cara terbaik yang banyak di anjurkan oleh publisher adsense berpengalaman adalah mencopot semua pemasangan kode iklan di setiap blog, harus semuanya, dikarenakan smart pricing berdampak pada akun google adsense bukan pada salah satu blog anda, dan pasang kembali iklan adsense anda di blog yang memiliki kualitas yang baik.

f. Pasang adsense pada blog yang memiliki niche atau topik khusus

Adsense yang dipasang pada blog yang memiliki tema khusus, akan menampilkan iklan yang sangat relevan dengan konten atau isi artikel blog tersebut, dan jika iklan yang diklik adalah iklan yang memang benar-benar relevan maka nilai CPC tentu saja akan sangat tinggi.

beberapa poin diatas bisa anda terapkan dan dipelajari betul. jika masih kurang mengerti bisa tanyakan di kolom komentar.

Demikian artikel mengenai Menghindari Smart Pricing Google Adsense dan Cara mengatasinya semoga bermanfaat ya!



5 Responses to "Menghindari Smart Pricing Google Adsense dan Cara mengatasinya"

  1. nah ini... mungkin blog saya mengalami hal ini.., karena iklan yg tampil di blog saya itu sama sekali gak ada yg relevan.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bbrp alasan mendasar kak.. bisa jadi peletakan iklan yg krg tepat atau memang blog krg bsrkualitas dr segi artikel.

      Delete
    2. maaf agak melenceng sedikit bang

      Kalo kita mainya adsense pakai youtube bisa terkana smart pricing apa tidak?

      jika terjadi solusinya gimana ya bang?

      Delete
  2. Gan kalau pakai cara iklan melayang yang tombol closenya di deket iklan biar iklannya ke klik itu boleh apa engga ?

    ReplyDelete

Peraturan dalam berkomentar !
--------------------------------------------
1. Berkomentarlah yang relevan sesuai topik yang dibahas diatas.
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan.
3. Tidak Meninggalkan Link aktif.
4. Tidak berkomentar mengandung SPAM

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel